1 Are Berapa Meter Persegi Dalam Satuan Luas Matematika

Mungkin banyak yang bertanya 1 are berapa meter persegi? 1 are memiliki nilai yang sama dengan nilai dari 100 meter persegi. Untuk bidang yang berbentuk bujur sangkar, luas bujur sangkar merupakan satu are dengan panjang setiap sisi senilai 10 meter, yang mana luas dari bujur sangkar tersebut kita dapatkan dengan hitungan 10 m X 10 dengan hasil 100 meter persegi. Simbol are dalam dunia matematika disimbolkan dengan huruf “a”, sehingga 10 are bisa ditulis dengan 10a. Are merupakan satuan luas yang biasa digunakan dalam lingkungan keseharian kita untuk mengukur sawah ataupun juga tanah. 

1 are berapa meter

Satuan Hektar Dalam Dunia Matematika

Jika tadi kita sudah membahas tentang 1 are berapa meter persegi, di dunia perhitungan luas kita juga akan menemukan satuan hektar. Nah, 1 hektar itu berapa meter persegi? 1 hektar memiliki nilai yang sama dengan nilai 10.000 meter persegi. Sehingga luasan pada bidang yang berbentuk bujur sangkar, 1 hektar merupakan luas dari bidang bujur sangkar yang memiliki panjang 100 meter. Dari sini kita tahu bahwa luas bujur sangkar 100 meter X 100 meter = 10.000 meter persegi. Satuan hektar merupakan singkatan dari satuan are “hekto are”. Hektar dilambangkan dengan ha, sehingga jika 10 hektar bisa dituliskan dengan 10 ha.

1 hektar memiliki nilai yang sama dengan 100 are. Hektar sendiri merupakan jenis satuan luas yang berbasis pada are. Adapun satuan luas yang berbasis are adalah centiare yang dituliskan “ca” , yang mana 1 ca sama dengan 1 meter persegi. Selain itu, ada juga are yang biasa disingkat dengan “a“, yang mana 1a sama dengan 100 meter persegi. Sedangkan untuk decare atau dituliskan dengan “daa“, yang artinya adalah 1daa sama dengan 1000 meter persegi. Dan yang terakhir adalah hektar atau dituliskan dengan “ha”, dimana 1 ha sama dengan 10.000 meter persegi.

Nah, jika terdapat soal seperti ini, “Ada sebidang tanah yang mempunyai luas 3 are. Lalu, berapakah luas tanah tersebut dalam satuan meter persegi ? Anda bisa menghitungnya mulai dari 3 are = 3 x 100 = 300 meter persegi. Adapun contoh lain yang bisa Anda pahami, “Ada sebuah rumah yang dilengkapi dengan lapangan yang digunakan untuk bermain sepak bola dengan ukuran 200 m x 60 m. Berapakah luas lapangan dalam satuan hektar ? Jawabnya adalah Luas = 200m x 60 m = 12000 meter persegi. Jika kita konversikan ke hektar, maka 12000:10.000 = 1,2 hektar.

Nah, itu tadi ulasan tentang 1 are berapa meter persegi. Di dalam dunia matematika, ada banyak sekali satuan yang wajib kita pelajari. Satuan tersebut umumnya memiliki fungsi yang berbeda. Contoh saja, satuan panjang dengan meter, satuan berat dengan gram, satuan volume dengan kubik, satuan luas dengan are.

Satuan Luas yang Masih dipakai di Indonesia 1 Ubin = meter. 


Satu ubin berapa meter kira-kira? Ubin adalah nama lain dari tumbak atau juga disebut sebagai ru. Baik ubin, tumbak maupun ru merujuk pada satuan luas tanah, baik tanah kosong, tanah pemukiman maupun tanah persawahan.
1 ubin sawah
Ukuran 1 Ubin di terapkan pada Lahan Persawahan

Ubin adalah nama lain dari tumbak atau juga disebut sebagai ru. Baik ubin, tumbak maupun ru merujuk pada satuan luas tanah, baik tanah kosong, tanah pemukiman maupun tanah persawahan yang dirujuk oleh orang-orang di beberapa daerah di Indonesia. Jadi, ya, ubin adalah salah satu unit satuan pemukiman. Berbeda dengan satuan unit yang berstandar internasional yang digunakan secara umum di seluruh dunia, unit pengukuran ubin adalah sistem konvensional yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. Penasaran, satu ubin berapa meter? Baca terus artikelnya.

Sistem unit pengukuran ubin awalnya dipakai di Indonesia untuk membantu menyelesaikan masalah yang terjadi dalam pengukuran di areal persawahan atau dalam dunia agraria. Cara ini digunakan sejak lama sekali, mungkin sekitar era kolonial atau bahkan sebelum itu. Peng-unitan dengan ubin dulunya digunakan untuk menghitung hasil pertanian, dimana sawah biasanya dibagi dalam petakan-petakan ubin tersebut dan hasilnya dihitung per ubin alias per petak ubinan. Sampai saat ini satuan unit ubin masih digunakan dalam cukup banyak kesempatan, termasuk dalam jual beli tanah.

Satuan ubin banyak dikenal di dataran Jawa. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ubin memiliki nama lain tumbak ataupun juga ru. Istilah tumbak banyak digunakan di daerah Jawa Barat, sementara ru lebih dikenal di daerah Jawa Tengah. Nama lain tumbak adalah bata, jadi pengukuran unit ubin sebenarnya adalah menggunakan ukuran bata. Zaman sekarang ini karena kita memerlukan standar pengukuran yang baku, alangkah baiknya untuk mengkonversi ubin ke dalam standar internasional, misalnya meter. Jadi sekarang cari tahu yuk, satu ubin berapa meter, ya?

Konversi dilakukan karena sertifikat tanah tidak ditulis dalam satuan ubin. Selain itu, juga untuk memastikan ukuran yang kita bicarakan saat menggunakan “ubin” sama. Jangan sampai 1 ubin Jawa Tengah ternyata tidak sama dengan Jawa Timur. Nah untuk itu mari lakukan konversi ubin ke meter. Pada dasarnya, 1 ubin adalah satuan unit pengukuran yang menyatakan ukuran 3,75 meter dikalikan dengan 3,75 meter. Dengan demikian, 1 ubin menyatakan 14,065 meter persegi. Secara kesepakatan, 1 ubin kemudian dibulatkan dan dinyatakan dalam 14 m2.

Demikianlah, maka pertanyaan Anda terkait satu ubin berapa meter sekarang sudah terjawab bukan? Jika nanti Anda berkunjung ke daerah ataupun melihat iklan penjualan tanah yang menggunakan unit pengukuran ubin, Anda tidak perlu bingung-bingung lagi tentunya. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Inggris dan Amerika Serikat selalu bangga dengan satuan imperial mereka seperti yard dan feet, seharusnya kita juga belajar mengenal dan hargai satuan asli Indonesia. Contohnya, ubin alias tumbak alias ru. Apakah Anda mengetahui unit satuan pengukuran tradisional lainnya?
Previous Post
Next Post