Satuan 1 Meter Kubik Sama Dengan Berapa Meter Persegi?

Sering kali dalam kehidupan sehari-hari kita perlu mengkonversi atau mengubah satuan meter kubik menjadi meter persegi. Muncul 1 meter kubik sama dengan berapa meter persegi? Untuk mengubah satuan meter kubik ke meter persegi ataupun, sebaliknya sebenarnya bisa dihitung dengan mudah. Hal ini dikarenakan dua satuan ini saling terkait, meter kubik merupakan satuan volume yang hasilnya dicari dengan menggunakan rumus panjang kali lebar kali tinggi. Sedangkan meter persegi merupakan satuan luas yang hasilnya dicari dengan cara mengalikan panjang dan lebar benda.

1 meter kubik
Baca Juga : Tahukah Anda 1 Are Sama Dengan Berapa Meter?
Satuan meter kubik untuk volume dan meter persegi untuk luas ini memang sangat erat hubungannya. Volume sendiri merupakan turunan dari luas, sehingga jika Anda ingin mengubah satuan meter kubik ke meter persegi, maka Anda akan menghilangkan tinggi atau kedalaman dari benda tersebut. Dengan kata lain, Anda hanya menghitung luas dari benda tersebut. Sedangkan untuk mengubah meter persegi ke meter kubik, maka Anda harus menambahkan ketebalan pada benda tersebut.

Kegunaan Konversi Satuan Meter Kubik ke Meter Persegi

Konversi meter kubik ke meter persegi ini biasanya digunakan untuk menghitung keperluan bahan bangunan. Setiap bahan bangunan mempunyai cara penghitungan konversi yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya 1 meter kubik sama dengan berapa meter persegi dalam penghitungan kebutuhan barang bangunan, berikut ini penjelasannya:
  • Menghitung kebutuhan Hebel

Hebel ini merupakan bahan pelapis dinding yang biasanya digunakan untuk memperkuat dinding. Bentuk hebel biasanya adalah kubus atau balok sehingga satuan ukurannya adalah meter kubik. Hebel ini akan diletakkan pada dinding yang satuannya meter persegi. Oleh karena itu, Anda harus mengonversinya terlebih dahulu. 1 kubik hebel berapa meter persegi tergantung ukurannya. Anda tinggal mengukur kedalaman hebel kemudian dibagi dengan volumenya. Sedangkan untuk menghitung kebutuhan hebel, maka Anda tinggal membagi luas dinding dengan luas hebel.
  • Menghitung kebutuhan kayu

Selain Hebel, konversi satuan meter kubik ke meter persegi juga bisa digunakan untuk menentukan kebutuhan panjang kayu. Kebutuhan kayu ini dapat diukur dengan mengukur luas dalam meter persegi terlebih dahulu ruangan yang akan digunakan. Kemudian ukuran kayu yang dalam meter kubik dibagi dengan luas ruangan. Setelah itu akan terlihat banyaknya kayu yang dibutuhkan. Untuk mengonversi satuan volume keluas dalam bentuk kayu ini, Anda bisa menggunakan satuan lain seperti centi meter kubik dan centi meter persegi.
  • Menghitung kebutuhan pasir

Biasanya dalam membeli pasir akan dihitung dalam satuan meter kubik, Anda harus mengonversinya ke meter persegi sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk ukuran pasir ini juga tidak sama, hal ini dikarenakan ukuran pasir bergantung dari ukuran tempat atau wadahnya.
Sudah jelas bukan, tidak ada ketentuan umum 1 meter kubik sama dengan berapa meter persegi. Hal ini dikarenakan untuk mengkonversi satuan volume ke luas, Anda harus memperhatikan ukuran dari benda tersebut. Walaupun konversi meter kubik ke meter persegi sangat jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari tapi jika Anda ingin membeli bahan bangunan harus mengetahui cara mengonversinya.