Ukuran Satu Kaki Berapa Meter, Sih?

Kaki selain digunakan untuk menyebut salah satu anggota tubuh manusia, ternyata juga merupakan salah satu unit pengukuran. Kaki sebagai ukuran unit banyak digunakan di Inggris, negara persemakmuran Inggirs, dan Amerika Serikat. Akan tetapi satuan unit ini memang tidak lazim digunakan di negara kita, Indonesia. Sehingga tidak mengherankanlah jika kemudian banyak yang ketika sedang membaca teks, menonton film maupun mendengarkan percakapan orang-orang asal Inggris dan Amerika Serikat yang kebetulan sedang membahas unit ‘kaki’, kita akan bertanya-tanya satu kaki berapa meter, sih?
meteran
Baca Juga : 1 Cm Berapa Meter Dalam Matematika

Satuan unit kaki dalam bahasa Inggris disebut foot untuk menyatakan satu kaki atau feet untuk menunjukkan satuan yang jamak, alias lebih dari satu kaki. Kaki disimbolkan dengan ft atau bisa juga dengan tanda petik satu (‘). Satuan unit ini pertama kali dikenalkan di beberapa kebudayaan kuno, salah satunya Romawi, Yunani dan Inggris. Oleh karena ukuran rata-rata panjang telapak kaki di suatu negara tidak selalu sama dengan negara lainnya, tak heran jika kemudian nilai unit satu kaki berapa meter ini berbeda-beda.

Secara histori, unit satuan kaki, sesuai dengan namanya memang berawal dari peradaban kuno yang menggunakan anggota tubuh sebagai alat bantu untuk melakukan pengukuran. Ukuran telapak kaki pria kulit putih dewasa pada saat itu biasanya adalah 0.24 sampai dengan 0.275 meter. Sementara itu, di Romawi Kuno rata-rata ukuran telapak kakinya adalah 0.29 meter. Setelah bertahun-tahun kemudian, tidak hanya ukuran di setiap negara berbeda, tapi kadang di satu negara lebih dari satu standar digunakan, misalnya provinsi satu bisa berbeda dengan provinsi lain.

Contoh ilustrasinya dapat dilihat sebagai berikut. Di Prancis, satu kaki disebut sebagai 1/3 meter; sementara di Jerman satu kaki dipandang sebagai tiga ukuran berbeda: daerah Hesse 0.25 meter, di Baden 0.30 meter, sementara daerah Palatinate 1/3 meter. Melihat kebingungan dalam ukuran pasti satu kaki berapa meter, maka kemudian dirasa perlu untuk dilakukan standarisasi ukuran kaki sebagai satuan unit. Akhirnya, pada tahun 1959, satuan unit kaki yang berbeda-beda di masing-masing negara ini didiskusikan dan disepakati bahwa satu kaki adalah 0.3048 meter.

Sejak disepakatinya ukuran yang standar secara internasional terkait satu kaki adalah 0.3048 meter, ukuran ini mulai disosialisasikan ke setiap negara pengguna. Unit ukuran kaki ini masih dipergunakan sampai sekarang, dan bahkan untuk dokumen-dokumen legal maupun papan penanda jalan di tempat umum. Demikianlah yang dapat kami uraikan untuk menjawab pertanyaan Anda tentang satu kaki berapa meter. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi Anda sehingga tidak ada lagi kendala dalam memahami komunikasi yang dilakukan oleh penduduk negara tertentu yang menggunakan standar unit kaki.