Mengenal 1 Rante Berapa Meter Dalam Istilah Pertanahan Indonesia

Pernahkah Anda mendengar orang yang menanyakan ukuran tanah dengan satuan rante? Satuan rante ini merupakan salah satu satuan tidak baku yang sering digunakan dalam jual beli tanah di Indonesia khususnya orang Melayu. Hal ini dikarenakan rante merupakan satuan tradisional yang digunakan untuk mengukur tanah oleh masyarakat Melayu. Timbul pertanyaan, 1 rante berapa meter? Nah, dalam pembahasan kali ini akan membahas mengenai istilah satuan yang biasa digunakan untuk mengukur tanah termasuk rante.

sawah satu rante
Baca Juga : 1 Are Berapa Meter Persegi Dalam Satuan Luas Matematika

Istilah Ukuran Tanah di Indonesia

Walaupun secara internasional ukuran baku untuk mengukur panjang sudah ditentukan tapi banyak masyarakat Indonesia yang masih menggunakan istilah tradisional dalam mengukur tanah. Istilah-istilah ini tentu saja bukan ukuran baku dan harus dikonversikan menjadi ukuran yang baku. Berikut ini beberapa istilah ukuran tanah yang sering digunakan:
  • Rante

Rante atau rantai merupakan ukuran tanah yang biasa digunakan oleh orang Melayu. Ukuran 1 rante berapa meter harus dihitung terlebih dahulu. Patokan 1 rante yang akan diubah menjadi meter adalah 20 meter x 20 meter. Jadi 1 rante tanah sama dengan 400 meter persegi.
  • Tumbak

Tumbak atau tumbuk merupakan ukuran tanah yang bias digunakan oleh masyarakat Indonesia. 1 tumbak sama dengan 3,75 meter kali 3,75 meter, sehingga 1 tumbak tanah sama saja dengan 14,0625 meter persegi. Ukuran 1 tumbak ini biasanya dibulatkan menjadi 14 meter persegi.
  • Ubin

Satuan ubin merupakan satuan ukuran tanah yang paling sering digunakan. Ukuran 1 ubin tanah sama dengan 1 tumbak. Sehingga antara ukuran ubin dan tumbak sama saja yaitu sekitar 14 meter persegi. Jika ukuran tanah 20 ubin, maka 20 ubin berapa meter? 20 ubin sama dengan 3920 meter.
  • Bahu

Jika Anda membeli tanah dengan ukuran bahu, maka Anda harus mengalikannya dengan 500 ubin. Hal ini dikarenakan 1 bahu sama dengan 500 ubin, sehingga ukuran 1 bahu tanah kurang lebih sama dengan 7000 meter persegi.
  • Anggar

Istilah ukuran tanah anggar juga masih sering digunakan, 1 anggar tanah sama saja dengan 1 per 33 hektar tanah. Ukuran tanah 1 hektar adalah 10000 meter persegi, sehingga jika diubah menjadi meter persegi 1 anggar sama dengan 303 meter persegi.
  • Rakit

Rakit ini merupakan istilah yang sudah jarang digunakan dalam pertanahan Indonesia. Sebagai informasi untuk Anda, 1 rakit kurang lebih sama dengan 1000 meter persegi. Ukuran rakit ini biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia daerah pesisir pantai.
Dari daftar istilah diatas terjawab sudah 1 rante berapa meter. Selain itu, cukup banyak istilah ukuran tanah yang masih sering digunakan di Indonesia. Jika Anda ingin membeli tanah, sebaiknya pahami terlebih dahulu ukurannya. Dengan demikian, Anda akan tahu luas sebenarnya tanah yang akan Anda jual. Lebih mudah memang jika Anda mengonversikan satuan ukuran tanah tradisional menjadi satuan ukuran baku yang sudah pasti.
Labels: 1 bata berapa meter, 1 sangga berapa meter, 1 tumbak berapa meter persegi, 20 ubin berapa meter, 5 rante berapa meter, harga tanah 1 rante, ukuran tanah 1 are berapa meter, ukuran tanah 1 hektar

Thanks for reading Mengenal 1 Rante Berapa Meter Dalam Istilah Pertanahan Indonesia. Please share...!